7 Ini Olahraga Dapat Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Harianpublik.id – Olahraga merupakan salah satu metode yang kerap digunakan untuk menurunkan berat badan. Ketika berolahraga, tubuh akan membakar kalori pada tingkat maksimum sehingga mampu menurunkan berat badan.

Lantas, olahraga apa saja yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat?

Olahraga yang menurunkan berat badan dengan cepat Dikutip dari Forbes, para ahli merekomendasikan penurunan berat hingga 2 pon (sekitar 1 kilogram) dalam seminggu. Penurunan berta badan itu bisa dilakukan melalui penerapan pola makan dan rutinitas olahraga.

Menurut The Health Site, berikut beberapa olahraga yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat jika dilakukan paling tidak 30 menit dalam sehari:

1. Jalan kaki

Jalan kaki selama 30 menit sehari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya penurunan berat badan. Para olahragawan mengatakan bahwa jalan kaki merupakan pendekatan paling sederhana untuk menurunkan berat badan. Bahkan, berjalan kaki secara konsisten konsisten dianggap sebagai salah satu pilihan olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Jalan kaki bisa mengurangi lemak tubuh visceral (lemak yang tersimpan di rongga perut).

Penelitian pada 2022 di Nutrients menemukan bahwa total lemak tubuh akan hilang dengan berjalan kaki pada semua kecepatan. Meskipun kecepatan yang lebih lambat dalam jarak dan durasi yang lama pada awalnya lebih efektif untuk orang yang kelebihan berat badan.

2. Lari

Lari mampu membakar kalori sebanyak 560-840 kalori per jam. Olahraga ini kerap dianggap sebagai salah satu latihan paling efektif untuk menurunkan berat badan. Kecepatan joging biasanya antara 4-6 mph (6,4-9,7 km/jam). Sedangkan kecepatan lari lebih cepat dari 6 mph (9,7 km/jam).

3. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga untuk meningkatkan kebugaran dan membantu menurunkan berat badan. Olahraga ini berdampak rendah sehingga dapat dilakukan oleh lebih banyak orang. Satu jam bersepeda mampu membakar 400-500 kalori. Dilansir dari Forbes, penelitian menunjukkan bahwa bersepeda dapat memberikan efek yang nyata pada penurunan berat badan melalui pembakaran lemak.

4. Angkat beban

Seseorang dengan berat badan 70 kg dan berolahraga selama 30 menit mampu membakar sekitar 108 kalori. Latihan ini juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme istirahat atau jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda saat istirahat. Tak hanya membakar kalori, angkat beban juga mendorong pertumbuhan otot dan peningkatan kekuatan.

5. Renang

Cara menurunkan berat badan secara cepat bisa dilakukan dengan olahraga renang. Studi membuktikan adanya keterkaitan olahraga berenang dengan penurunan berat badan. Baik itu gaya kupu-kupu, gaya dada, maupun gaya bebas. Penelitian lainnya menyebutkan, berenang selama 30 menit dapat membakar sekitar 216 kalori untuk orang dengan berat badan 70 kg.

6. Yoga

Yoga adalah bentuk olahraga yang disukai untuk menghilangkan stres. Di sisi lain, olahraga ini dapat membakar cukup banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

7. Zumba

Zumba merupakan olahraga yang dilakukan sekelompok individu dengan cara menari mengikuti irama musik. Olahraga jenis aerobik ini bisa menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Penelitian menunjukkan, latihan zumba bisa mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Berolahraga zumba selama satu jam mampu membakar rata-rata kalori 500-800.

Durasi olahraga yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan pada orang dewasa agar berolahraga dengan intensitas sedang selama 150-300 menit per minggu. Mereka juga bisa memilih olahraga intensitas tinggi selama 75-150 menit per minggu.

Dengan kata lain, minimal Anda berolahraga dengan intensitas ringan selama 30 menit perhari dengan kurun waktu 5 hari dalam seminggu. Kendati demikian, penelitian terbaru menunjukkan bahwa berolahraga lebih dari yang disarankan bisa memperpanjang harapan hidup seseorang. (Red/Kompas)

Komentar