Kronologi Kecelakaan Maut Balikpapan: 4 Orang Tewas dan 30 Luka-luka

harianpublik.id-Kecelakaan melibatkan truk bermuatan kontainer terjadi di turunan Muara Rapak, Balikpapan Utara pada pukul 06.15 WITA, Jumat (21/1/2022).

Ketika kecelakaan maut terjadi, truk kontainer berwarna merah bernomor polisi KT 8534 AJ menabrak sekitar 20 kendaraan roda empat dan roda dua. Peristiwa naas itu menewaskan 4 korban tewas dan 30 korban luka berat dan ringan.

Sopir truk atas nama M Ali (47) ditetapkan sebagai tersangka dalam peristiwa nahas tersebut.

Polisi mengungkap tersangka Ali mengambil truk tronton dari gudang perusahaan tempat dia bekerja. Kondisi truk dilaporkan cukup baik saat awal dikendarai oleh tersangka.

Berikut kronologi kecelakaan maut di Balikpapan:

Kamis, 20 Januari 2022

Polisi menyebut Ali mengambil truk dari gudang perusahaan pada Kamis (20/1) malam tadi. Tak ada masalah saat truk dibawa tersangka.

“Hasil keterangan sementara bahwasanya truk ini tadi malam itu sudah diambil dari gudang menuju tempat loading barang,” kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo, Jumat (21/1/2022).

“Jadi dari tadi malam sebenarnya nggak ada masalah dia,” sambung Kombes Yusuf Sutejo.

Jumat, 21 Januari 2022

Pukul 05.00 Wita
Yusuf mengatakan Ali mulai mengemudikan truk tronton sekitar pukul 05.00 Wita. Ali bertolak dari Pulau Galang ke Balikpapan.

“Kan perjalanan mulai start dari Pulau Galang pukul 5 pagi Pak. Tujuannya ke Balikpapan,” tutur Yusuf.

Selama perjalanan, kondisi truk tak ada masalah. Kondisi pengereman diklaim berjalan normal.

“Jadi satu jam perjalanan nggak ada masalah. Nggak ada rem blongnya, nggak ada,” kata dia.

Pukul 06.15 Wita
Kondisi yang awalnya tak ada masalah kemudian berubah menjadi petaka. Tepat pukul 06.15 Wita, kecelakaan maut terjadi.

Truk tronton yang dikendarai Ali mulai bermasalah saat memasuki turunan di Simpang Rapak, Balikpapan. Rem truk tronton blong.

Dalam kondisi tersebut, Ali berupaya mengontrol kecepatan truk melalui persneling. Upaya tersebut sia-sia.

“Karena remnya blong, jadi sopir sudah berusaha mengurangi kecepatan dengan cara dia menggunakan engine brake ya dan menurunkan persneling dari gigi tinggi (ke) gigi rendah,” kata Yusuf.

“Tapi karena kondisi jalan konturnya menurun dan dia bawa beban muatan kurang-lebih 20 ton sehingga laju kendaraan tidak dapat dicegah kembali. (Blank) meluncur saja sampai dia berhenti menabrak bundaran di tengah-tengah perempatan itu,” lanjut Yusuf.

Selepas kecelakaan terjadi, petugas evakuasi dan warga berdatangan ke lokasi menolong korban. Hingga terakhir kali dilaporkan ada 4 korban tewas dan 30 korban luka berat dan ringan.

Pukul 15.00 Wita
Untuk memastikan penyebab kecelakaan, polisi terus bekerja dengan melakukan olah TKP tambahan dengan traffic accident analysis (TAA). Sebab, dugaan kecelakaan tak hanya soal rem blong, tapi ada juga dugaan beban terlalu berat hingga truk tak laik jalan sejak awal.

Analisis model TAA nantinya mengungkap faktor-faktor penyebab kecelakaan hingga berakhir pada kesimpulan penyebab utama kecelakaan maut tersebut. (**)

Sumber: Detik.com

Komentar