Gerakan Massal Pembuatan Minyak Goreng Tradisional Dilaksanakan Besok

Harianpublik.id,Kendari – Gerakan massal pembuatan minyak goreng secara tradisional yang diinisiasi oleh KNPI Provinsi Sultra bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra akan digelar besok pagi, Sabtu (2/4/2022) di SMKN 1 Kendari.

Ketua DPD KNPI Sultra, Alvin Akawijaya Putra Ali Mazi SH mengatakan, gerakan massal tersebut melibatkan para pemuda dan pelajar yang tergabung dalam organisasi KNPI Sultra serta SMAN/SMKN se Sultra.

“Pemuda KNPI bersama pelajar SMAN/SMKN yang tersebar pada 17 kabupaten kota se Sultra akan bersama-sama melaksanakan gerakan ini secara serentak, sebagai wujud aksi nyata peran pemuda dan pelajar dalam menjawab kelangkaan minyak goreng melalui kearifan lokal kita dengan memanfaatkan buah kelapa dalam, yang keberadaannya cukup melimpah di sekitar kita,” ucap Pria kelahiran Jakarta, 18 Mei 1996 ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD.

Pria jebolan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta Program S1 Fakultas Hukum, Konsentrasi Bisnis Hukum ini melanjutkan, gerakan massal tersebut akan dimulai sejak pagi, yang untuk Kota Kendari terpusat di SMKN 1 Kendari. Demikian untuk 16 daerah lainnya, juga memusatkan pelaksanaan pada satu titik pada masing-masing wilayah.

“Kita harus berbangga dengan gerakan kearifan lokal kita ini, karena dunia pun menjadikannya sebagai program, dimana minyak kelapa ini merupakan turunan dari program economic recovery on provincial and regency level, yang merupakan inspirasi dari Event G20 Global economic recovery yang akan diadakan di Bali pada Oktober nanti. Jadi kita sangat berbangga, sebab kita telah memulai meskipun melalui dengan gerakan skala kecil dan melokal, karena untuk menunjukan hal-hal yang besar, harus dimulai dari tindakan kecil dan terkadang dianggap sepele,” tutur Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Sultra ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD menambahkan, gerakan massal tersebut akan dihadiri oleh Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH.

“In Syaa Allah gerakan tersebut akan dihadiri langsung oleh gubernur,” sungkatnya. (**)

Penulis: Manto

Komentar