Puluhan Warga Disabilitas Hingga Lansia di Kendari Dapat Bantuan Kemensos

Harianpublik.id,Kendari – Sebanyak 72 warga Kota Kendari mendapat bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Puluhan penerima bantuan itu tersebar di 10 kecamatan.

Sebanyak 72 penerima manfaat ini terdiri dari 25 lansia, 35 disabilitas, 2 korban bencana, 5 kelompok rentan dan 5 napsa.

Penyerahan bantuan ini berlangsung di Kantor Pos Lepo-lepo, yang diserahkan secara langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, pada Kamis (31/8/2023).

Asmawa Tosepu, meminta pada penerima bantuan untuk menggunakan bantuan yang diterima untuk kegiatan produktif bukan konsumtif, sehingga para penerima manfaat bisa mengembangkan diri dan usahanya.

“Kepada bapak/ibu penerima manfaat dari kegiatan Atensi ini, tadi dilaporkan 72 disabilitas dan anggaran kami kalkulasi masing-masing Rp 2,4 juta, mohon dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kegiatan produktif,” ungkapnya dikutip dari laman Kendarikota.go.id.

Sementara itu, Kepala Sentra Meohai, Fepi Rubianti menjelaskan, program ini merupakan bantuan sosial dari Kementerian Sosial melalui Sentra Meohai, agar penerima manfaat bisa menjalankan fungsi sosialnya di masyarakat.

“Bantuan ini diberikan berdasarkan asesmen yang sudah dilakukan dari tim Sentra Meohai Kendari, sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan penerima manfaat,” jelasnya.

Bantuan yang diterima para penerima manfaat ini, berupa bantuan kebutuhan dasar dan bantuan kewirausahaan dengan besaran yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Total bantuan yang diberikan sebesar Rp168,3 juta.

Bantuan ini diharapkan bisa membentuk kemandirian sehingga tidak selalu berharap pada bantuan pemerintah. (Red)

Komentar