Pemkab Morowali Sambut Baik Rencana PLN Bangun SUTET 275 KV Bungku – Andowia

HarianPublik.id,Morowali – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tenggara (UPP Sultra) melangsungkan kegiatan sosialisasi terkait rencana pembangunan proyek Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 KV Bungku-Andowia.

Sosialisasi ini dilaksanakan pada Kamis (30/5/2024) di Aula Hotel Grand Qafia, Kompleks KTM Desa Bahomohoni, Kecamatan Bungku Tengah, Morowali.

Kegiatan sosialisasi yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Morowali, Yusman Mahbub serta dihadiri oleh Asisten Manager Perizinan dan Umum PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tenggara (UPP Sultra) Yanuar Habib, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Abd. Mutaqqin Sonaru, SP, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Perwakilan OPD teknis terkait, Perwakilan ATR/BPN Morowali, Camat Bungku Timur, Camat Bahodopi dan Camat Bungku Pesisir, Kepala Desa Kecamatan Bungku Timur, Bahodopi dan Bungku Pesisir, serta jajaran stakeholder lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten Manager Perizinan dan Umum PLN UPP Sultra Yanuar Habib mengungkapkan tujuan dari sosialisasi ini untuk menyampaikan rencana dan tahapan-tahapan pelaksanaan pembangunan Proyek Strategi Nasional (PSN) SUTET 275 KV Bungku-Andowia.

“Saat ini tahapan yang dilaksanakan adalah tahap pengadaan tanah untuk tapak tower. Sosialisasi rencana pembangunan ini juga akan dilaksanakan di tiap kecamatan yang dilintasi jalur SUTET,” tutur Yanuar.

Dia melanjutkan, pekerjaan konstruksi akan dilaksanakan jika pengadaan tanah untuk tapak tower telah mencukupi 75%, oleh karena itu PLN memohon bantuan dari Forkopimda untuk turut serta mendukung proses pengadaan tanah untuk tapak tower agar pekerjaan konstruksi dapat segera dimulai.

“Pembangunan SUTET ini nantinya untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Morowali dan sekitarnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Morowali, Yusman Mahbub mewakili Pj Bupati Morowali menyambut baik rencana pembangunan serta memberikan apresiasi dan dukungan penuh untuk pembangunan yang akan dijalankan PLN.

“Semoga pekerjaan terlaksana dengan baik serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Morowali. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada PLN atas rencana pembangunan ini, kami tentu akan menyambut dan mendukung sepenuh hati karena pekerjaan ini untuk kesejahteraan masyarakat Morowali kedepannya,” katanya.

Yusman juga menyampaikan agar PLN terus mengkoordinasikan pekerjaan kepada pemerintah, Forkopimda serta kepada masyarakat, terutama pemilik lahan untuk tahapan-tahapan selanjutnya agar pekerjaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Selain itu saya mengajak kepada seluruh peserta yang hadir yang merupakan bagian dari Forkopimda baik pimpinannya langsung atau perwakilan untuk kita sama-sama menyukseskan pekerjaan ini” tutupnya. (**)

Komentar