Efektif Bikin Tubuh Langsing, Ini 9 Cara Atasi Perut Buncit

Harianpublik.id – Perut buncit dapat menurunkan rasa percaya diri, membuat Anda kesulitan dalam memilih pakaian, dan berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Namun, jangan khawatir bila mengalaminya karena ada beberapa efektif cara mengatasi perut buncit yang bisa diterapkan dengan mudah.

Dilansir dari Alodokter, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi perut buncit, yaitu:

1. Mengonsumsi Protein

Protein merupakan sumber nutrisi yang sangat penting untuk mengatasi perut buncit. Asupan protein yang tinggi dapat meningkatkan metabolisme serta memberikan efek kenyang yang lebih lama pada tubuh. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol nafsu makan agar tidak makan secara berlebihan.

Kebutuhan protein untuk orang dewasa umumnya sekitar 60–65 gram per hari. Asupan protein tersebut dapat dicukupi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti dada ayam, ikan, telur, tahu atau tempe, produk susu, sayur-sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

2. Mengurangi Makanan Berlemak

Mengonsumsi makanan berlemak tinggi juga bisa menyebabkan perut menjadi buncit. Pasalnya, kelebihan lemak akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk cadangan lemak, salah satunya di bagian perut.

Oleh karena itu, jika ingin mengecilkan perut buncit, sebaiknya batasi atau hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, seperti gorengan, mentega, makanan manis, dan junk food.

3. Mengurangi Karbohidrat

Karbohidrat berperan sebagai sumber energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, Anda perlu mengurangi konsumsi asupan karbohidrat olahan yang cenderung tinggi kalori tetapi tidak mengenyangkan, seperti roti tawar, kue kering, pasta, permen, dan sereal, agar tidak menyebabkan penimbunan lemak di perut.

4. Mengurangi Asupan Gula

Makanan atau minuman manis mengandung banyak kalori yang dapat menyebabkan penumpukan lemak, sehingga perut menjadi buncit. Tidak hanya itu, terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman manis secara berlebihan juga dapat membuat berat badan bertambah.

5. Mengurangi Asupan Alkohol

Cara mengatasi perut buncit selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan alkohol. Mengonsumsi alkohol secara terus-menerus dapat menghentikan tubuh dalam membakar lemak dan memberikan efek lapar berkepanjangan, sehingga Anda tidak dapat mengontrol nafsu makan dengan baik. Selain itu, alkohol juga mengandung gula yang tinggi dan memicu penumpukan lemak di perut.

6. Mencukupi Waktu Tidur

Orang yang kurang tidur juga lebih rentan mengalami perut buncit. Kebiasaan kurang tidur dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menyebabkan keinginan untuk makan meningkat di malam hari, sehingga lemak akan menumpuk di sekitar perut.

Untuk mengatasi kurang tidur, Anda dianjurkan untuk mencukupi waktu tidur sekitar 7–8 jam setiap malam.

7. Mengelola Stres

Stres yang berlebihan juga memengaruhi peningkatan lemak di perut. Ketika Anda mengalami stres, kelenjar adrenal akan melepaskan hormon stres kortisol yang dapat memperlambat metabolisme dan mempersulit penurunan berat badan. Akibatnya, tubuh tidak bisa mengontrol berat badan dengan baik.

8. Berolahraga Secara Rutin

Kebiasaan jarang bergerak atau kurang berolahraga juga dapat membuat perut buncit. Kebiasaan ini menyebabkan penumpukan kalori berlebih sebagai jaringan lemak di perut. Oleh karena itu, Anda dianjurkan melakukan olahraga secara rutin agar tubuh dapat membakar lebih banyak kalori.

Untuk mencegah sekaligus sebagai cara mengatasi perut buncit, Anda bisa melakukan olahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari. Anda bisa memulainya dengan olahraga yang ringan terlebih dahulu, seperti berjalan kaki, jogging, lari, lompat tali, burpee, dan zumba.

9. Menjaga Pola Makan

Cara mengatasi perut buncit lainnya adalah dengan menjaga pola makan. Pola makan yang sehat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan memberikan tubuh lebih banyak energi untuk beraktivitas sehari-hari.

Ada beberapa cara untuk menjaga pola makan yang sehat, seperti makan dengan porsi kecil, usahakan sarapan setiap pagi, makan makanan bergizi seimbang, dan minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. (**)

Komentar