Pemkot Kendari Gelar Gerakan Pangan dan Kuliner Murah Jelang Idul Adha

HarianPublik.id,Kendari – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari bersama Dharma Wanita Persatuan Kota Kendari, menggelar Gerakan Pangan Murah dan Kuliner Murah menjelang Hari Raya Idul Adha.

Kegiatan itu dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup di pelataran parkiran Balai Kota Kendari, pada Selasa (11/6/2024).

Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup dalam sambutannya mengatakan, saat menjelang hari besar keagamaan dan nasional yaitu Idul Adha, Pemkot Kendari sering mendapatkan aduan bahwa kebutuhan pangan sering meningkat dan tidak terkendali.

“Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kenaikan harga yang tidak terkendali itu, Pemerintah Kota Kendari bersama Dharma Wanita serta Baznas dan Bank Indonesia menginisiasi untuk melakukan gerakan pangan murah. Hal ini untuk menjaga dan menstabilkan harga agar bisa terkendali dan tidak membebani masyarakat,” ujarnya.

Selain itu juga, Pj Wali Kota Kendari mengungkapkan, menjelang hari-hari besar biasanya banyak spekulan-spekulan mencoba menimbun kebutuhan-kebutuhan pokok yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat agar bisa mencari keuntungan dengan menaikkan harga.

Menurut Kepala BPBD Sultra ini, lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat terutama dari kalangan keluarga yang kurang mampu.

“Tentu dengan melihat fenomena ini, Pemerintah Kota Kendari menggelar bazar pasar murah dan kuliner yang tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga yang relatif terjangkau,” tambahnya.

Dia menambahkan, gerakan pangan murah sering dilakukan sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan dalam rangka mengendalikan inflasi di Kota Kendari.

Diakhir acara, Pj Wali Kota Kendari didampingi Forkompimda dan Kepala Bulog menyerahkan bantuan Cadangan Pangan berupa beras kepada masyarakat.

Untuk diketahui, pelaksanaan Gerakan Pangan Murah & Kuliner Murah akan digelar selama 4 hari mulai dari 11 sampai dengan 14 Juni 2024. (**)

Komentar